#DiaryPedagang - Manfaat dan Cara Jualan di Instagram Untuk Pemula


[gambar: hanya pemanis - pemuda manis]

Assalamualaikum, teman2 seperjuangan.

Bagaimana liburannya? Sudah prospekin gebetannya buat jadi istri belum?
Atau malah sudah ditinggal nikah lagi aja? Hihi

Insyaallah hari ini, aku mau share Manfaat Jualan dan Cara Membangun Personal Branding di Instagram

Manfaatnya adalah:

1.    Target pembeli di instagram masih banyak, terbukti dari user instagram sendiri yang semakin hari semakin bertambah.

2.    Tampilan instagram yang begitu menarik, membuat orang betah buat main instagram, dan keuntungannya untuk kita, jadi bisa masang foto jualan disitu dan bisa kita tata rapi agar enak dilihat.

3.    Banyak selebgram dan buzzer yang bisa kita pakai untuk promosiin produk kita.

4.    Jualan di instagram gratis, gak dipungut biaya sama sekali.

Berbeda jauh dengan kita harus membuat toko online sendiri di website yang harus membayar sewa hosting dan domain.

Apalagi jika dibandingkan dengan membuat toko offline yang harus bayar sewa kios, listrik, dan sebagainya.

5.    Banyak fitur menguntungkan yang bisa kita gunakan untuk promosi.

Salah duanya adalah bisa dengan menggunakan hastag dan IG ads untuk menjangkau promosi yang lebih luas.

*

Lalu, bagaiamana caranya jualan di instagram yang baik?

Yap, jangan salah juga dalam menggunakan instagram untuk jualan ini.

Salah2, kamu bisa dianggap spam oleh followersmu atau user IG yang lainnya.

Dan parahnya, kalo sampe banyak yang laporin akun IG kamu ke pihak Instagram. kamu bisa kena banned loh. hehe

Cara terbaik yang aku tahu dalam berjualan di instagram adalah dengan membangun personal branding dan jauhi spam.

Apa itu spam? Simplenya, spam itu nyampah kalo kata beberapa orang mah. hehe

Yap, nyampah di IG dengan terus-terusan posting produk jualan kita, dsb.

Bagusnya gimana? Ya lakukan personal branding.

Apa itu personal branding?
Personal branding is the practice of people marketing themselves and their careers as brands.
Hihi ...

Atau simplenya personal branding itu bagaimana kamu memasarkan diri kamu sendiri.

Lah, kita kan mau jualan produk halal kok disuruh jual diri sih?

Wah parah nih masa suruh jual diri sih? Orang saya pengen punya bisnis yang berkah dan halal? Kok malah jual diri sih?

Haahaha gak gitu juga ya kewan-kewan semua.

Maksudnya, “pasarkan diri kamu” adalah memaksimalkan diri kamu sebagai penjual produk tersebut.

Buat diri kamu dipercayai sebagi penjual yang baik, yang bisa dipercaya, yang gak mungkin bohong atau ngehianatin pembeli.

Karena menurut fakta, kebanyakan orang beli produk tuh bukan cuma karena butuh produk tersebut. Tapi karena pembeli percaya kepada si penjualnya.

Ibaratnya, coba dah kamu ditawarin produk sama orang lain. Yang gak kamu kenal.
Eh ternyata, ada saudara atau temen deket yang jual produk itu juga, sama percis.

So, kamu akan pilih yang mana? Pasti ke orang yang kamu kenal kan? Ke orang yang kamu lebih percaya?

Nah, sekarang tugas kamu adalah membuat personal branding di IG kamu.

Buat kamu dikenal sebagai pribadi yang baik, yang senang menebar manfaat, dan pastinya sebagai seorang penjual yang bisa dipercaya.

Jadi, manfaatkan IG kamu itu untuk sharing. Untuk berbagi manfaat.
Tentunya ketika sharing, pilih sharing yang berhubungan dengan produk kamu ya.

Misal kamu jual produk kecantikan, ya kamu banyakin dah share2 tentang informasi kecantikan.

Misal share tips merawat kulit, memutihkan wajah, dsb.
Sehingga orang lain akan lebih suka dan percaya dengan kamu.

Dan ...

Saran dari aa sendiri, supaya branding kita bagus, dan lebih dipercaya sama orang. Kita jangan punya followers di IG cuma sedikit doang.

Soalnya kenapa kalo punya followers IG sedikit?

Ya sekarang gini aja, kalo kamu mau beli produk di IG orang, sedangkan followersnya cuma 500 atau 100,

parahnya lagi misal cuma 50, kamu akan percaya sama dia dengan mudahnya gak? Akan langsung beli produk dia gak? Pasti mikir2 kan?

Ya gimana orang mau gampang percaya coba sama kita? Toh, pengikut aja cuma dikit.

Targetkan, kamu punya followers minimal 1k untuk membantu personal brandingmu.
Dan nextnya tingkatkan terus followersnya.

Terakhir ...

Gimana caranya nambahin followers segitu banyaknya blih? Orang dapet follower IG 50 doang aja butuh waktu bertahun-tahun? 😂

Eits! Gak usah sedih, gak usah ngeluh.
Pribadi pebisnis atau pedagang itu gak boleh keok sama halangan atau aral yang melintang.

Kebetulan ...

Aku sudah buat ebook dengan judul Ebook Gratis Cara Meningkatkan Follower dengan Cepat Ala @si.blih

Untuk kamu yang mau Ebooknya DM aja di Instagramku @si.blih ya.

Ebook ini sudah banyak yang download dan merasakan manfaatnya.

So, kamu tinggal klik aja linknya dan download gratis ya.
Lalu praktekkan triknya untuk meningkatkan followersmu, agar kamu bisa terbantu dalam personal branding.

Nah, sekian share aa kali ini.
Semoga bermanfaat ya.

Semoga disegerakan impian dan dimudahkan perjalanan suksesnya. Aamiin.
Semangat!

Share Ya 😁

0 komentar